Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, salawat dan salam tetap teruntuk kepada Rasulullah SAW, manusia yang terpilih untuk membebaskan umat manusia dalam kegelapan menuju pencerahan Islam yang rahmatan lil alaamiin.

keberadaan  Fakultas Hukum Universitas Billfath, adalah satu paket dengan keberadaan Universitas Billfath, yang terlahir dari rahim yayasan pondok pesantren Al-fattah. Adalah KH,Drs.Abdul Majid Fattah merupakan inisiator dan penggagas, berdirinya Universitas Billfath, yang terinspirasi oleh keberadaan universitas-universitas abad pertengahan, yang memadukan antara ilmu pengetahuan dan spirit agama (Islam). Gagasan besar tersebut, kemudian direspon para pemangku lain di Pesantren Al-fattah, dan tentunya disertai juga dengan ikhtiyar baik lahir maupun batin.

Dengan izin Allah SWT semata,pada tahun 2016 secara resmi lahirlah Universitas Billfath di bawah payung yayasan Ponpes Al-fattah dengan  empat fakultas, dan salah satunnya adalah Fakultas Hukum.  

Sebagai Universitas yang baru lahir dan Fakultas Hukum ada di dalamnya, tentu usaha keras adalah keniscayaan. Upaya-upaya adalah bagian dari proses yang tidak terpisahkan, agar institusi yang kedepan jadi kebanggaan umat itu, cepat bisa birdiri dengan kokoh serta mampu memberikan konstribusi signifikan kepada bangsa, secara khusus adalah umat Islam.

Hampir dua tahun berdiri, tentu waktu yang belum lama bagi Universitas Billfath dengan fakultas-fakultasnya, untuk bisa secara kokoh beridiri, namun demikian respon masyarakat sudah kelihatan luar biasa, yang dibuktikan dengan memberikan kepercayaan kepada Universitas Billfath untuk mendidik putra-putrinya, tidak hanya dari masyarakat lamongan tapi juga dari daerah Gersik, Bojonegoro, Tuban dan bahkan ada yang dari Jawa tengah.   

Harapannya, Fakultas hukum dengan  Program Ilmu Hukum dapat berlangsung dengan baik, dan  harapan kinerja dari program studi juga dapat tercapai secara optimal, sehingga visi misi dari program studi dapat terwujud. Oleh karena itu, hal yang tertulis dalam pengantar ini menuntut untuk diaplikasikan serta  norma-norma yang terkandung di dalamnya sebagai sandaran pelaksanaannya. Dengan demikian, harapannya semoga informasi tentang Fakultas Hukum Universitas Billfath ini bermanfaat bagi sivitas akademika Prodi. Ilmu hukum, Mahasiswa Fakultas Hukum dan Masyarakat yang berminat untuk study hukum di Universitas Billfath.

Lamongan,          Oktober 2018

Dekan,

 

 

ANSHORI,SH.,MH.